ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK PADA PERUSAHAAN SNACK LUCKY OLYMPIC KEDIRI - AGUS ATHORI
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK PADA PERUSAHAAN SNACK LUCKY OLYMPIC KEDIRI - AGUS ATHORI |
Agus
Athori
Dosen Akuntansi, Universitas Islam Kadiri - Kediri
ABSTRAK
Strategi pemasaran
merupakan sarana untuk mengkomunikasikan tujuan perusahaan dengan arah yang
hendak ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut kepada para stakeholder atau
pihak-pihak yang mempunyai keputusan terhadap perusahaan. Maka jelas bahwa
strategi pemasaran merupakan poin yang sangat penting untuk diterapkan oleh
perusahaan jasa maupun non jasa agar tetap dapat bersaing.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dari strategi pemasaran
pada perusahaan Snack Lucky Olympic Kediri
dan menganalisa posisi perusahaan serta strategi apa yang harus dilakukan oleh
perusahaan Snack Lucky Olympic Kediri.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis
penelitian studi kasus pada obyek penelitian yang menggunakan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi dan survei. Sedangkan teknik analisa data menggunakan
teknik analisa SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi pemasaran yang dilakukan
oleh perusahaan Snack Lucky Olympic Kediri
adalah Strategi Stabilitas (Stability)
yaitu menekankan pada tidak bertambahnya produk, pasar dan fungsi-fungsi
perusahaan, lebih pada upaya peningkatan efesiensi dalam rangka peningkatan
kinerja dan keuntungan. Strategi ini relatif memiliki resiko yang rendah. (2)
melalui analisa EFAS (External Strategic Factor Analisys Summary) diperoleh
skor total 2,40 dan melalui analisa IFAS (Internal Strategic Factor Analisys
Summary) diperoleh skor total 2,50. Sehingga nilai tersebut dimasukan pada
SWOT Analisis yang menunjukkan posisi perusahaan Snack Lucky Olympic Kediri pada kuadran I, strategi yang sesuai
adalah strategi agresif atau strategi ekspansi artinya perusahaan dalam kondisi
prima dan mantap sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi,
memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan dengan memaksimalkan kekuatan
internal dan eksternal perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan dan
keunggulan bersaing.
Saran yang diberikan peneliti kepada
perusahaan Snack Lucky Olympic Kediri
adalah dengan mengetahui hasil dari penelitian strategi pemasaran perusahaan,
maka diharapkan agar perusahaan Snack
Lucky Olympic Kediri lebih memperhatikan pemasaran produk makanan ringan
dengan memanfaatkan teknologi (internet) sebagai media promosi.
Untuk Jurnal Yang Lebih Lengkap Bisa di Unduh atau di Donwload di sini pdf nya
https://drive.google.com/open?id=1zZsaAHixMWkYDR2VqKA8DCxckvpdWV28
No comments:
Post a Comment