PENGELOLAAN KEUANGAN SEDERHANA
Parenicepos : Kali ini parenicepos akan membahas tentang Pengelolaan
Keuangan Sederhana, materi ini sangat penting untuk dipelajari, karena materi
ini akan dibutuhkan oleh mahasiswa dan juga masyarakat pelaku usaha didalam
menata keuangannya. Untuk itu mari kita simak ulasannya!
Pengelolaan Keuangan Sederhana |
CARA MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA
Definisi Akuntansi
Suatu proses 1. Pencatatan,
2. Penggolongan, 3. Peringkasan,
4. Pelaporan, 5. Penganalisaan
data keuangan dari suatu organisasi.
Mengapa Akuntansi Diperlukan
Bagi Manajer / Perusahaan :
-
Akuntansi digunakan
untuk menyusun perencanaan perusahaannya.
-
Mengevaluasi
kemajuan yang dicapai.
-
Melakukan tindakan
koreksi yang diperlukan.
-
Meningkatkan
profesionalitas dan kelangsungan usaha.
Keputusan yang diambil oleh manajer berdasarkan informasi akuntansi misal :
-
Menentukan
peralatan apa yang dibeli.
-
Berapa persediaan
yang harus ada di gudang.
-
Berapa kas yang
harus dipinjam dari Bank.
-
Dsb.
Bagi Kreditur:
Kreditur hanya bersedia memberikan kredit kepada calon
penerima kredit yang dipandang mampu mengembalikan bunga dan mengembalikan
kredit tepat pada waktunya.
Untuk menilai kemampuan keuangan calon pengambil kredit,
kreditur biasanya meminta laporan keuangan calon nasabah untuk dinilai apakah
kredit keuangan para pengambil kredit digunakan sesuai dengan tujuan yang
disepakati.
TRANSAKSI KEUANGAN
Kegiatan – Kegiatan seperti menerima setoran pemilik,
meminjam uang dari luar perusahaan, membeli gedung dan peralatan, membeli
bahan, membayar gaji pegawai, menjual barang dan sebagainya disebut transaksi
keuangan.
4 Karakteristik Keuangan Yang Perlu Anda Ketahui
1.
Mudah dipahami,
sebuah laporan harus mudah dipahami dengan istilah yang tidak sulit.
2.
Isi laporan harus
relevan, sebuah laporan harus berkaitan dan sesuai dengan kondisi sebenarnya.
3.
Dapat dipercaya,
laporan keuangan harus dapat dipercaya dan jauh dari segala yang menyesatkan
dan merugikan perusahaan.
4.
Perbandingan, isi
dari laporan keuangan periode ini harus bisa dibandingkan dengan laporan
keuangan periode sebelumnya.
5 Prinsip dasar akuntansi
¢ Prinsip Biaya
Historis
Apa yang
dimaksud dengan biaya historis? Biaya historis merupakan harga perolehan, harga
perolehan sendiri merupakan harga pertukaran yang disepakati oleh dua atau
lebih pihak dalam penyerahan barang atau jasa, kasarnya ya harga jual/beli
¢ Prinsip
Pengakuan Pendapatan
Prinsip
Pengakuan Pendapatan adalah aliran masuk harta-harta (aktiva) yang timbul dari
penyerahan barang atau jasa yang dilakukan oleh suatu unit usaha selama suatu
periode tertentu
¢ Prinsip mempertemukan
Dalam prinsip
ini, seorang akuntan wajib mempertemukan biaya dan pendapatan secara tepat,
maksud dari secara tepat adalah mempertemukan biaya yang hanya digunakan untuk
menghasilkan pendapatan.
¢ Prinsip
konsistensi
Konsistensi
dalam penerapan metode dan prosedur akuntansi yang digunakan. Ini dimaksudkan
agar laporan keuangan yang dihasilkan dapat diperbandingkan dengan periode
sebelum-sebelumnya.
¢ Prinsip
pengungkapan penuh
Dalam prinsip
ini, seorang akuntan wajib mengungkapkan semua kejadian ekonomi perusahaan
dalam laporan keuangan, termasuk juga metode dan prosedur apa yang dipakai juga
wajib diungkapkan
Akuntansi Perusahaan Manufaktur
Perbedaan pokok perusahaan manufaktur dan perusahaan
dagang, bahwa pada perusahaan manufaktur terdapat satu proses produksi sebelum
barang tersebut dapat dijual. Disini perusahaan manufaktur harus menggabungkan
harga bahwa yang dipakai dengan biaya tenaga kerja dan biaya produksi lain
untuk dapat menentukan harga pokok barang yang siap dijual.
Ada 4
Komponen Dalam Membuat
Laporan Keuangan
1. Neraca :
Komponen ini merupakan laporan untuk menyatakan posisi
keuangan dalam bentuk tabel dalam tanggal tertentu atau periode tertentu.
2. Laporan Laba/Rugi :
Laporan ini menyatakan laporan untung dan rugi dalam
periode tertentu.
3. Laporan Perubahan Modal :
Laporan keuangan yang menunjukkan perubahan ekuitas
selama satu periode. Laporan ekuitas terdiri dari saldo awal modal pada neraca
saldo setelah disesuaikan ditambah laba bersih selama satu periode dikurangi
dengan pengambilan prive.
4. Kas Masuk dan Kas Keluar:
Ini ditulis dengan menggunakan Debit dan Kredit dalam
tabel laporan keuangan.
Penentuan Harga Jual
Faktor Penting
dalam Menentukan Harga Jual:
1.
Biaya
2.
Pelanggan
3.
Pesaing
4.
Kemanfaatan
untuk Usaha
Rumus :
Harga Jual =
(Total biaya / Unit Produksi) + Presentase Laba yang Diingingkan
Contoh penentuan
harga jual Donat:
Contoh :
Bahan Baku Donat
:
¢ Tepung terigu Rp 100.000
¢ Gula sendok
pasir Rp 25 000
¢ Mentega Rp 30.000
¢ Ragi instan Rp 10.000
¢ Air Rp 5.000
¢ Susu bubuk dan
kental Rp 50.000
¢ Garam Rp
1.000
¢ Topping
(Keju/Meses/Kacang,dll) Rp 34.000
¢ Telur Rp 25.000
Total Bahan Baku Rp 280.000
Total Bahan Baku Rp 280.000
Bahan Pendukung
:
¢ Bungkus Plastik Rp
6.000
¢ Gas Rp 17.000
¢ Minyak Goreng Rp 22.000
Total Bahan
Penolong/Pendukung Rp 45.000
Biaya-Biaya
Tetap:
¢ Gaji karyawan 1
hari Rp
100.000
¢ Sewa Tempat Per
Hari Rp 20.000
¢ Perawatan Alat
Per hari Rp 10.000
¢ Listrik
(asumsi=150.000 / 30 hari) Rp 15.000
¢ Lain-lain Rp 25.000
Total Biaya
Tetap Rp
170.000
¢ Total Biaya =
Rp 280.000 + Rp
45.000 + Rp 170.000 = Rp 495.000,-
¢ Dibagi Unit
Produksi 200 Pcs
¢ Harga Produksi
Donat Per Biji Rp 2.475
¢ Keuntungan yang
diinginkan =
40% x Rp 2.475 Rp 990 +
¢ Harja Jual Per
Unit Donat Rp 3.465
Berikut ini adalah dasar-dasar prosedur pembukuan untuk
perusahaan manufaktur
Contoh akuntansi untuk perusahaan Manufaktur
Pada tanggal 1 Nopember 1996, Andi mendirikan sebuah
perusahaan Bakery
Nice yang memproduksi berbagai macam jenis kue. Berikut ini adalah transaksi-transaksi yang terjadi selama bulan Nopember
1996.
- Andi menyetorkan uang pribadinya sebagai setoran modal sebesar Rp. 15.000.000.
- Dibeli peralatan pembuat kue, seharga Rp. 9.000.000
- Dibeli bahan baku kue seharga Rp. 1.350.000.
- Dijual kue seharga Rp 250.000
- Dijual kue paket 1 sebanyak 100 kardus @ Rp 10.000
- Dibayar biaya-biaya sebagai berikut : Biaya sewa Rp. 600.000, Biaya listrik Rp. 150.000, macam-macam biaya Rp. 275.000.
- Dijual kue pengantin 1 paket seharga Rp 2.250.000,-
- Dijual Kue donat sebanyak 1000 biji @ Rp 3.500
- Dibayar gaji karyawan Rp 600.000
- Andi mengambil uang untuk keperluan pribadi sebesar Rp. 1.500.000
1. Pencatatan
Pencatatan
Transaksi Kedalam Rekening-Rekening di Buku Besar
Laporan Harga
Pokok Produksi
Laporan Harga
Pokok Produksi
* Bahan Baku:
* Pembelian Bahan
Baku Rp.
1.350.000
Biaya tenaga
kerja Rp. 600.000
Biaya Sewa Rp.
600.000
Biaya Listrik Rp.
150.000
Biaya lain-lain Rp. 275.000
Total Biaya
Produksi Rp. 1.625.000
Total Biaya
Produksi Bln Nop. Rp. 2.975.000
No comments:
Post a Comment