MANAJEMEN LOGISTIK
Parenicepos : Materi Kuliah Manajemen Pemasaran tentang Manajemen Logistik, pada materi kali ini diharapkan mahasiswa mampu dan dapat menerangkan, menjelaskan tentang Manajemen Logistik, untuk itu sangat penting untuk dipelajari siapa tahu suatu saat sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.
Materi Kuliah Manajemen Pemasaran |
1.
KD
dan Indikator
Kompetensi
Dasar :
Menerangkan,
menjelaskan tentang manajemen logistik
Indikator
:
1.
Mahasiswa mampu
menjelaskan dan menerangkan pengertian manajemen logistic.
2.
Mahasiswa mampu
menjelaskan dan menerangkan tentang penentuan lokasi toko pengecer.
2.
Gambaran
umum materi
Menerangkan,
menjelaskan tentang manajemen logistik
MANAJEMEN LOGISTIK
1.
PENGERTIAN
MANAJEMEN LOGISTIK
Secara historis, dalam logistic atau distribusi fisik ini tercakup dua kegiatan utama, yaitu : pengangkutan dan penyimpanan. Biasanya, kegiatan pengangkutan dan penyimpanan dipandang sebagai kegiatan-kegiatan yang terpisah. Adapun istilah pengangkutan dan penyimpanan tersebut dapat didefinisikan sebagai berikut :
Secara historis, dalam logistic atau distribusi fisik ini tercakup dua kegiatan utama, yaitu : pengangkutan dan penyimpanan. Biasanya, kegiatan pengangkutan dan penyimpanan dipandang sebagai kegiatan-kegiatan yang terpisah. Adapun istilah pengangkutan dan penyimpanan tersebut dapat didefinisikan sebagai berikut :
·
Pengangkutan adalah
pemindahan barang melalui suatu jalan atau jalur yang mengambil tempat diantara
lembaga-lembaga saluran atau antara lembaga saluran dengan konsumen.
·
Penyimpanan atau
penggudangan adalah pengamanan barang-barang selama dibutuhkan.
Terdapat
3 elemen pokok dalam sistem logistic, yaitu :
1. Lembaga-lembaga
yang terlibat dalam pemindahan barang secara fisik seperti : pedagang besar, pengecer,
agen penyimpanan (general merchandise warehouse, specialty worehouse, bonded
warehouse, dan sebagainya), agen pengangkutan (common carrier, contract
carrier, private carrier), dan agen pengangkutan khusus.
2. Fungsi-fungsi
yang diperlukan untuk melaksanakan pemindahan secara fisik, yaitu : traffic,
pengawasan persediaan, scheduling, dan penanganan material.
3. Jaringan
komunikasi khusus.
·
Tugas-tugas
Manajemen Logistik
Sebelum
membahas tugas-tugas manajemen logistic perlu diketahui definisi manajemen logistic
lebih dahulu.
Manajemen
logistic adalah suatu tanggung jawab untuk membuat dan mengatur sistem guna
mengatasi aliran bahan baku dan barang jadi.
Logistic
merupakan suatu bagina yang integral dalam kegiatan saluran. Adapun tugas umum
dari manajemen logistic adalah mengadakan keseimbangan antara biaya dan
penghasilan untuk mencapai laba tertentu. Ini merupakan tugas yang kompleks
karena pengusaha selalu menghendaki biaya distribusi serendah mungkin dan pada
saat yang sama dapat melayani keinginan pembeli dalam penyampaian barang.
Selain
tugas utama tersebut, manajemen logistic masih mempunyai beberapa tugas lain,
yaitu :
-
Menentukan macam sistem
logistik yang dipakai
-
Memilih logistik privat
atau logistik agen
-
Memilih jenis alat
angkutan umum
-
Mendisain organisasi
logistik
-
Menentukan logistik mix
-
Menentukan lokasi
gudang
-
Menentukan operasi
gudang
2.
PENENTUAN
LOKASI TOKO PENGECER
Dalam
masalah penentuan lokasi toko pengecer, manajer harus berusaha menentukan suatu
lokasi yang dapat memaksimumkan penjualan dan labanya. Hal ini dimaksudkan
untuk mendapatkan lokasi strategi yang dapat menarik para pembeli dari
pesaingnya.
Studi tentang lokasi toko pengecer ini berkaitan dengan peramalan dan pembandingan potensi penjualan dari beberapa alternatif letak toko di beberapa kota atau di daerah perbelanjaan. Jika perusahaan telah menentukan daerah geografis yang strategis, maka masalah-masalah selanjutnya yang dihadapi adalah :
Studi tentang lokasi toko pengecer ini berkaitan dengan peramalan dan pembandingan potensi penjualan dari beberapa alternatif letak toko di beberapa kota atau di daerah perbelanjaan. Jika perusahaan telah menentukan daerah geografis yang strategis, maka masalah-masalah selanjutnya yang dihadapi adalah :
-
Menentukan pusat
perbelanjaan yang terbaik
-
Memilih lokasi toko
tertentu di dalam pusat perbelanjaan tersebut
Adapaun
faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan daerah perbelanjaan
adalah:
a. Luas
daerah perdangan
b. Dapat
dicapainya dengan mudah
c. Potensi
pertumbuhannya
d. Lokasi
toko-toko saingan
Sedangkan
keputusan tentang lokasi toko di dalam pusat perbelanjaan dipengaruhi oleh
beberapa faktor tertentu yang lebih spesifik seperti :
- Biaya dan lamanya sewa.
- Pelayanan yang diberikan oleh pengusaha pusat perbelanjaan
- Luas ruangan beserta layoutnya
- Arus pengunjung
- Jarak dari tempat parker
Penentuan
Lokasi Toko dengan Peta
Potensi
penjualan dari lokasi toko baru sering dipengaruhi oleh faktor-faktor, seperti
:
-
Dapat dicapai dengan
mudah
-
Populasi
-
Persaingan
-
Batas-batas daerah
perdagangan
REFERENSI
:
Basu
Swastha,Manajemen Pemasaran Modern,
Liberty offset. Yogyakarta, 2008
Philip Kotler : Manajemen Pemasaran, Analisis,
perencanaan dan pengendalian, edisi kelima, Erlangga. Jakarta. 1987.
Baca Juga : Materi Kuliah Manajemen Pemasaran - Manajemen Saluran Distribusi
No comments:
Post a Comment