Friday, May 19, 2017

Materi Kuliah Manajemen Pemasaran - Manajemen Logistik

MANAJEMEN LOGISTIK

PareniceposMateri Kuliah Manajemen Pemasaran tentang Manajemen Logistik, pada materi kali ini diharapkan mahasiswa mampu dan dapat menerangkan, menjelaskan tentang Manajemen Logistik, untuk itu sangat penting untuk dipelajari siapa tahu suatu saat sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Materi Kuliah Manajemen Pemasaran - Manajemen Logistik
Materi Kuliah Manajemen Pemasaran


1.        KD dan Indikator
Kompetensi Dasar :
Menerangkan, menjelaskan tentang manajemen logistik
Indikator :
1.      Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerangkan pengertian manajemen logistic.
2.      Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerangkan tentang penentuan lokasi toko pengecer.

2.        Gambaran umum materi
Menerangkan, menjelaskan tentang manajemen logistik

MANAJEMEN LOGISTIK

1.      PENGERTIAN MANAJEMEN LOGISTIK 
Secara historis, dalam logistic atau distribusi fisik ini tercakup dua kegiatan utama, yaitu : pengangkutan dan penyimpanan. Biasanya, kegiatan pengangkutan dan penyimpanan dipandang sebagai kegiatan-kegiatan yang terpisah. Adapun istilah pengangkutan dan penyimpanan tersebut dapat didefinisikan sebagai berikut :

·         Pengangkutan adalah pemindahan barang melalui suatu jalan atau jalur yang mengambil tempat diantara lembaga-lembaga saluran atau antara lembaga saluran dengan konsumen.
·         Penyimpanan atau penggudangan adalah pengamanan barang-barang selama dibutuhkan.

Terdapat 3 elemen pokok dalam sistem logistic, yaitu :
1.      Lembaga-lembaga yang terlibat dalam pemindahan barang secara fisik seperti : pedagang besar, pengecer, agen penyimpanan (general merchandise warehouse, specialty worehouse, bonded warehouse, dan sebagainya), agen pengangkutan (common carrier, contract carrier, private carrier), dan agen pengangkutan khusus.
2.      Fungsi-fungsi yang diperlukan untuk melaksanakan pemindahan secara fisik, yaitu : traffic, pengawasan persediaan, scheduling, dan penanganan material.
3.      Jaringan komunikasi khusus.

·         Tugas-tugas Manajemen Logistik
Sebelum membahas tugas-tugas manajemen logistic perlu diketahui definisi manajemen logistic lebih dahulu.
Manajemen logistic adalah suatu tanggung jawab untuk membuat dan mengatur sistem guna mengatasi aliran bahan baku dan barang jadi.

Logistic merupakan suatu bagina yang integral dalam kegiatan saluran. Adapun tugas umum dari manajemen logistic adalah mengadakan keseimbangan antara biaya dan penghasilan untuk mencapai laba tertentu. Ini merupakan tugas yang kompleks karena pengusaha selalu menghendaki biaya distribusi serendah mungkin dan pada saat yang sama dapat melayani keinginan pembeli dalam penyampaian barang.

Selain tugas utama tersebut, manajemen logistic masih mempunyai beberapa tugas lain, yaitu :
-          Menentukan macam sistem logistik yang dipakai
-          Memilih logistik privat atau logistik agen
-          Memilih jenis alat angkutan umum
-          Mendisain organisasi logistik
-          Menentukan logistik mix
-          Menentukan lokasi gudang
-          Menentukan operasi gudang

2.      PENENTUAN LOKASI TOKO PENGECER
Dalam masalah penentuan lokasi toko pengecer, manajer harus berusaha menentukan suatu lokasi yang dapat memaksimumkan penjualan dan labanya. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan lokasi strategi yang dapat menarik para pembeli dari pesaingnya. 

Studi tentang lokasi toko pengecer ini berkaitan dengan peramalan dan pembandingan potensi penjualan dari beberapa alternatif letak toko di beberapa kota atau di daerah perbelanjaan. Jika perusahaan telah menentukan daerah geografis yang strategis, maka masalah-masalah selanjutnya yang dihadapi adalah :
-          Menentukan pusat perbelanjaan yang terbaik
-          Memilih lokasi toko tertentu di dalam pusat perbelanjaan tersebut

Adapaun faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan daerah perbelanjaan adalah:
a.       Luas daerah perdangan
b.      Dapat dicapainya dengan mudah
c.       Potensi pertumbuhannya
d.      Lokasi toko-toko saingan

Sedangkan keputusan tentang lokasi toko di dalam pusat perbelanjaan dipengaruhi oleh beberapa faktor tertentu yang lebih spesifik seperti :
  1. Biaya dan lamanya sewa.
  2. Pelayanan yang diberikan oleh pengusaha pusat perbelanjaan
  3. Luas ruangan beserta layoutnya
  4. Arus pengunjung
  5. Jarak dari tempat parker
Penentuan Lokasi Toko dengan Peta
Potensi penjualan dari lokasi toko baru sering dipengaruhi oleh faktor-faktor, seperti :
-          Dapat dicapai dengan mudah
-          Populasi
-          Persaingan
-          Batas-batas daerah perdagangan

REFERENSI :
Basu Swastha,Manajemen Pemasaran Modern, Liberty offset. Yogyakarta, 2008
Philip Kotler : Manajemen Pemasaran, Analisis, perencanaan dan pengendalian, edisi kelima, Erlangga. Jakarta. 1987.
Baca Juga : Materi Kuliah Manajemen Pemasaran - Manajemen Saluran Distribusi

No comments: